Kampanye Digital Barack Obama


Barack obama, ya siapa yang tidak mngenal beliau. Beliau adalah orang yang pernah mendudki kursi no 1 di gedung putih kota paman sam. Barack obama terpilih sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 2018. Dimana banyak orang yang tidak menyangka dia bakalan menang karena dia tidak ahli politik dan juga bukan orang kaya. Dimana di negri ini biasanya mencalonkan diri kedalam dunia politik merupakan orang yang memiliki harta yang banyak. Tetapi Barack Obama maju dengan yakinnya.
            Dibalik menangnya Barack Obama di pemilihan presiden 2008 salah satunya dalah media digital. Dimana tim sukses Barack Obama melakukan kampanye melalui media digital. Barack obama menemukan peluang untuk menyatukan suara ang memilih dia yaitu memalui sosial media facebook, twiter dll.
Pada Pilpres AS 2008 lalu, Obama menghadapi sejumlah lawan politik yang sangat berat. Saat mendeklarasikan pencalonannya di Partai Demokrat, dia harus berhadapan dengan Hillary Clinton di internal partai. Dia akhirnya memenangi pertarungan dengan John McCain, jago dari Republik, dan menempati kursi nomor satu di AS.
Berbeda dari pesaingnya, Obama memilih berkampanye melalui media sosial. Ketika itu, dia bersama tim kampanye bentukannya melakukan kampanye besar-besaran melalui Facebook.
ini penuh pertaruhan besar, namun menyimpan segundang peluang yang belum pernah dimasuki oleh calon dari manapun. Alhasil, pria yang pernah dibesarkan di Indonesia ini berhasil menggaet pemilih muda.
"Apa yang dia (Obama) lakukan tidak mungkin terjadi, tapi kita melihat banyak peluang dengan meng-klik sesuatu. Dia jelas sangat pandai dan seseorang yang mampu melihat peluang yang kosong," ujar Direktur Facebook, Marc Andreessen, di New York Times pada Pilpres 2008 lalu. Seperti halnya inovator situs lainnya, kampanye Obama ini tidak memberikan sesuatu yang baru. Namun, dengan menyatukannya menggunakan media sosial di bawah pergerakan yang dilakukan oleh tim Obama.
Mereka mampu menghasilkan kekuatan yang tidak terlihat dalam menghasilkan dana kampanye, mengorganisasi tim lokal, melawan kampanye hitam dan membantu mereka untuk meningkatkan jumlah suara melebihi Hillary Clinton dan John McCain dari Partai Republik.
Tim digital campaign Obama juga memberikan sentuhan yang berbeda dalam pengumpulan dana agar tidak terkesan terlalu biasa. Mereka menghadirkan program “Dinner with Barack” yang memungkinkan para donatur di atas 3 dollar yang beruntung terpilih bisa bersantap malam dengannya. Program itu sesuai dengan misi Obama agar tidak hanya merangkul kalangan elit ekonomi tetapi juga rakyat biasa yang tertarik dengan diri, visi dan misinya sebagai pejabat publik.
Prinsip utama mereka adalah bagaimana agar mempermudah masyarakat dalam mendukung kampanye Obama di setiap tingkat engagement dan bagaimana mengajak mereka yang sudah masuk untuk berkontribusi nyata dalam pemenangan Obama di pemilihan. Untuk memudahkan masyarakat tadi, salah satu usahanya ialah dengan membuat sebuah situs yang berdesain responsif, yang artinya situs itu akan bisa dengan mudah ditampilkan dan dijelajahi meskipun diakses melalui berbagai perangkat digital dari yang berlayar sekecil ponsel cerdas sampai ke komputer desktop di rumah.
Sumber :
https://www.google.co.id/amp/m.merdeka.com/amp/dunia/kisah-kemenangan-obama-lewat-sosial-media.html
www.google.com

Komentar

Postingan Populer