Kampanye Digital Barack Obama
Barack
obama, ya siapa yang tidak mngenal beliau. Beliau adalah orang yang pernah
mendudki kursi no 1 di gedung putih kota paman sam. Barack obama terpilih
sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 2018. Dimana banyak orang yang tidak
menyangka dia bakalan menang karena dia tidak ahli politik dan juga bukan orang
kaya. Dimana di negri ini biasanya mencalonkan diri kedalam dunia politik
merupakan orang yang memiliki harta yang banyak. Tetapi Barack Obama maju
dengan yakinnya.
Dibalik menangnya Barack Obama di pemilihan presiden 2008
salah satunya dalah media digital. Dimana tim sukses Barack Obama melakukan
kampanye melalui media digital. Barack obama menemukan peluang untuk menyatukan
suara ang memilih dia yaitu memalui sosial media facebook, twiter dll.
Pada Pilpres AS 2008 lalu, Obama menghadapi
sejumlah lawan politik yang sangat berat. Saat mendeklarasikan pencalonannya di
Partai Demokrat, dia harus berhadapan dengan Hillary Clinton di internal
partai. Dia akhirnya memenangi pertarungan dengan John McCain, jago dari
Republik, dan menempati kursi nomor satu di AS.
Berbeda dari pesaingnya, Obama memilih
berkampanye melalui media sosial. Ketika itu, dia bersama tim kampanye
bentukannya melakukan kampanye besar-besaran melalui Facebook.
ini penuh pertaruhan besar, namun menyimpan segundang peluang yang belum pernah dimasuki oleh calon dari manapun. Alhasil, pria yang pernah dibesarkan di Indonesia ini berhasil menggaet pemilih muda.
ini penuh pertaruhan besar, namun menyimpan segundang peluang yang belum pernah dimasuki oleh calon dari manapun. Alhasil, pria yang pernah dibesarkan di Indonesia ini berhasil menggaet pemilih muda.
"Apa yang dia (Obama) lakukan tidak mungkin
terjadi, tapi kita melihat banyak peluang dengan meng-klik sesuatu. Dia jelas
sangat pandai dan seseorang yang mampu melihat peluang yang kosong," ujar
Direktur Facebook, Marc Andreessen, di New York Times pada Pilpres 2008 lalu. Seperti halnya inovator situs
lainnya, kampanye Obama ini tidak memberikan sesuatu yang baru. Namun, dengan
menyatukannya menggunakan media sosial di bawah pergerakan yang dilakukan oleh
tim Obama.
Mereka mampu menghasilkan kekuatan yang tidak
terlihat dalam menghasilkan dana kampanye, mengorganisasi tim lokal, melawan
kampanye hitam dan membantu mereka untuk meningkatkan jumlah suara melebihi
Hillary Clinton dan John McCain dari Partai Republik.
Tim digital campaign Obama juga memberikan
sentuhan yang berbeda dalam pengumpulan dana agar tidak terkesan terlalu biasa.
Mereka menghadirkan program “Dinner with Barack”
yang memungkinkan para donatur di atas 3 dollar yang beruntung terpilih bisa
bersantap malam dengannya. Program itu sesuai dengan misi Obama agar tidak
hanya merangkul kalangan elit ekonomi tetapi juga rakyat biasa yang tertarik
dengan diri, visi dan misinya sebagai pejabat publik.
Prinsip utama mereka adalah bagaimana agar
mempermudah masyarakat dalam mendukung kampanye Obama di setiap tingkat engagement dan bagaimana mengajak mereka
yang sudah masuk untuk berkontribusi nyata dalam pemenangan Obama di pemilihan.
Untuk memudahkan masyarakat tadi, salah satu usahanya ialah dengan membuat
sebuah situs yang berdesain responsif, yang artinya situs itu akan bisa dengan
mudah ditampilkan dan dijelajahi meskipun diakses melalui berbagai perangkat
digital dari yang berlayar sekecil ponsel cerdas sampai ke komputer desktop di
rumah.
Sumber :
https://www.google.co.id/amp/m.merdeka.com/amp/dunia/kisah-kemenangan-obama-lewat-sosial-media.html
www.google.com
https://www.google.co.id/amp/m.merdeka.com/amp/dunia/kisah-kemenangan-obama-lewat-sosial-media.html
www.google.com
Komentar
Posting Komentar